Kamis, 10 Desember 2020

Kucing Galak Susah Untuk Memandikannya?Tenang Ini Caranya

Cara Mandikan Kucing Galak


Menjaga kebersihan hewan peliharaan di rumah adalah cara yang paling mudah dan murah dilakukan dibanding jika kucing sakit. Dengan menyediakan waktu sebentaran saja, otomatis mereka lebih bersih dan bebas kotoran yang menempel.

Sayangnya cara mandikan kucing tidak selalu mudah dilakukan, hewan yang kita tahu begitu takut dengan air. Jangankan dimandikan, kena siram sedikit air saja, mereka akan lari.

Semoga tips cara memandikan kucing galak ini bisa bermanfaat untuk cat lovers.

Cara Mandikan Kucing Galak
Terkenal sifatnya takut dengan air, sebagian besar kucing umumnya sulit untuk dibersihkan melalui mandi.

Beberapa majikan atau siapapun yang belum pernah memandikan kucing, tidak sedikit merasakan bagaimana mereka memberontak bahkan bisa mencakar dan melukai akibat panik dengan air.

Untuk mencegah pengalaman buruk memandikan kucing, apalagi kucing galak atau yang diadopsi sudah dewasa. Anda perlu tahu beberapa cara melakukannya.
Cara Mandikan Kucing Galak, Rapikan kuku kucing yang tajam
Langkah awal yang perlukan Anda lakukan adalah melihat kuku kucing tersebut. Apakah sudah panjang dan runcing sehingga beresiko melukai orang ketika memegang mereka.

Perhatikan cara memotong kuku kucing dengan benar agar tidak melukai bagian kulit mereka.
Cari waktu yang tepat

Menemukan waktu yang tepat sangat perlu diperhatikan, supaya mood mereka saat mandi dalam kondisi bagus. Biasanya majikan atau yang terbiasa merawat mereka, tahu kapan waktu yang paling tepat untuk membersihkan tubuhnya.

Apakah selesai makan, waktu menjelang siang, dan jangan lupa mempertimbangkan kemungkinan mereka sedang masuk musim kawin.

Umumnya hewan peliharaan ini akan dimandikan antara rentang 1 minggu hingga 4 minggu sekali.

Tergantung tingkat aktivitasnya dan kebersihan tubuh serta aroma tak sedang yang menempel di mantel bulunya.

Cara memandikan kucing galak ataupun yang jinak tidak boleh dilakukan terlalu sering, karena dapat mengurangi kesehatan mantel bulu.
Melengkapi alat pendukung yang dibutuhkan
Sebelum membersihkan kucing dengan cara memandikannya, sejumlah alat pendukung dan perlengkapan disarankan sudah tersedia.

Sehingga saat akan membersihkan badan mereka, lebih mudah, aman dan cepat dilakukan tanpa gangguan.

  • ember atau tempat penampung air
  • air hangat
  • sampo kucing
  • sisir kucing
  • handuk membilas air
  • handuk mengeringkan sisa air
  • pengering rambut
  • Pantangan cara memandikan kucing galak atau jinak


Beberapa pantangan yang perlu diketahui sebelum memandikan kucing, yakni:
semprotan air tidak mengenai muka, bagian dalam telinga dan area sekitarnya dan mengukur batas air untuk berendam maksimal sampai bagian kaki.

Air yang digunakan disarankan bersuhu hangat.
Panduan mandikan kucing
Setelah semua yang dibutuhkan dirasakan lengkap. Saat yang tepat jika Anda menilai kucing tersebut perlu dimandikan karena sudah bau atau kotor.

1. Basahi bagian tubuh
Panduan memandikan kucing, awalnya membasahi bagian tubuh sampai ke ekor secara perlahan-lahan. Bisa menggunakan cangkir plastik untuk menguyur sedikit sedikit atau menggunakan kran semprot yang disesuaikan curah airnya tidak full.

Usahakan menjaga genangan air yang ada di ember plastik maksimal sebatas kakinya. Sehingga tidak membuat kucing panik.

2. Sampo kucing
Sampo kucing beda dengan sampo anjing, apalagi dengan sampo manusia. Biasanya masing-masing sampo tersebut punya ph yang berlainan sehingga tidak cocok dipakai, khususnya terlalu sering.

Untuk kondisi darurat, Anda bisa menanyakan jenis sampo yang lembut dan tidak pedih untuk kucing, yang mungkin saja disarankan dipakai.

Usap sampo yang Anda balurkan ke bagian mantel bulunya. Kocek dengan teratur sambil memijat supaya cairan sampo meresap hingga dasar kulit.

Baca aturan pakai sampo kucing yang punya waktu untuk didiamkan terlebih dahulu beberapa menit atau tidak.

  • Beberapa sampo tertentu ada yang perlu waktu 5 - 15 menit dan biasanya sampo tersebut berfungsi ganda menghilangkan kutu, dan sebagainya.
  • Bilas bulu kucing
  • Setelah menyiram dan memberi sampo di bagian badan kucing, setelah waktu sudah cukup, maka membilas dengan air bersih.

Dalam proses membilas sampo kucing memastikan benar-benar bersih dan tidak ada sisa busa dan sampo tertinggal di badan kucing.

Keringkan badannya dengan handuk yang lembut.

Periksa apakah benar-benar kering sehingga tidak menjadi lembab.

Untuk mempercepat proses pengeringan air yang tersisa di badan kucing, Anda bisa menggunakan pengering rambut dan menjaga jarak yang aman supaya kucing tidak ketakutan mendengar suara yang bergemuruh.

Perhatikan jarak aman menggunakan hair dry dari badan kucing. Supaya tidak terlalu panas di satu titik, gulirkan secara bergantian.

Untuk memastikan mantel bulu kucing sudah kering, usap menggunakan tangan yang sudah dibersihkan dengan kain penyerap air.

Option lain yang bisa Anda lakukan setelah memandikannya, adalah memeriksa bagian telinga kucing.

Featured Post

Kucing Galak Susah Untuk Memandikannya?Tenang Ini Caranya

Cara Mandikan Kucing Galak Menjaga kebersihan hewan peliharaan di rumah adalah cara yang paling mudah dan murah dilakukan dibanding jika kuc...